You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Operasional Belum Dipindah Truk Tinja Sudin Kebersihan masih Melayani
.
photo doc - Beritajakarta.id

Sudin Kebersihan Jakut Masih Kelola Truk Tinja

Truk tinja milik Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara masih terlihat beroperasi di lapangan. Padahal, berdasar Pergub No 159 Tahun 2014, operasional pelayanan sudah harus dipindahtangankan ke PD IPAL sejak Mei 2015 lalu.

Selama ini tidak ada laporan warga petugas kita memeras. Tetap Rp 70 ribu per meter kubik dan selama ini retribusinya masuk kok

Seperti terlihat di wilayah Kelapa Gading, truk tinja terlihat sedang parkir di Jl Gading Elok Utara, Kelapa Gading Timur. Namun, saat coba disambangi pengemudi truk bernopol B 9015 TMA itu, enggan berkomentar.

"Maaf Mas, saya buru-buru. Ini lagi ada panggilan tugas," ujarnya, Kamis (25/6).

Ratusan Rumah di Menteng Tak Punya Septik Tank

Sementara itu, Koordinator Pengemudi Seksi Penanggulangan Air Limbah Septik Tank, Suku Dinas Kebersihan (Sudinsih) Kota Administrasi Jakarta Utara, Jihad Utomo mengakui, sebanyak 9 unit truk milik Sudin Kebersihan dengan jumlah sopir 10 orang masih beroperasi. Mereka tetap memberikan layanan seperti biasa dengan tarif sesuai Perda No 3 Tahun 2012 tentang Penarikan Retribusi Tinja.

"Selama ini tidak ada laporan warga petugas kita memeras. Tetap Rp 70 ribu per meter kubik dan selama ini retribusinya masuk kok," tegasnya.

Namun demikian, diakui Jihad, pihaknya tidak memungkiri dan melarang bila ada konsumen yang memberikan tips sukarela di luar retribusi yang ditetapkan. Pihaknya memaklumi, sebab untuk mengoperasikan layanan penyedotan tinja, Pemprov hanya mempekerjakan sopir yang bersatus sebagai PNS. Sedangkan kru sedot tinja lain yang ada di tiap unit mobil sebanyak 3 orang tidak diupah, karena tidak terdaftar sebagai PNS maupun Pekerja Harian Lepas (PHL).

"Ke depan kita belum tahu sistemnya seperti apa di bawah PD IPAL. Seharusnya sejak Mei pengelolaan sudah tidak di bawah sudin, tapi karena utamakan layanan kita tetap operasi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1156 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1096 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito